Entri Populer

Minggu, 19 Februari 2012

Hyperlink

Dalam komputasi, hyperlink (atau link) adalah referensi ke data bahwa pembaca bisa langsung mengikuti, atau yang diikuti secara otomatis [1]. Poin hyperlink ke seluruh dokumen atau elemen tertentu dalam dokumen. Hypertext adalah teks dengan hyperlink. Sebuah sistem perangkat lunak untuk melihat dan menciptakan hypertext adalah sistem hypertext, dan untuk membuat suatu hyperlink adalah hyperlink (atau hanya untuk link). Seorang pengguna mengikuti hyperlink dikatakan menavigasi atau menelusuri hypertext.

Hyperlink memiliki sebuah jangkar, yang merupakan lokasi dalam dokumen dari mana hyperlink dapat diikuti; dokumen yang mengandung hyperlink dikenal sebagai dokumen sumbernya. Sebagai contoh, dalam sebuah karya referensi online seperti Wikipedia, banyak kata dan istilah dalam teks adalah hyperlink ke definisi istilah tersebut. Hyperlink sering digunakan untuk menerapkan mekanisme referensi, seperti daftar isi, catatan kaki, bibliografi, indeks, surat dan Glosari.

Dalam beberapa hypertext, hyperlink bisa dua arah: mereka dapat diikuti dalam dua arah, sehingga tindakan kedua ujungnya sebagai jangkar dan sebagai target. Pengaturan lebih kompleks ada, seperti banyak-ke-banyak link.

Pengaruh mengikuti hyperlink mungkin berbeda dengan sistem hypertext dan kadang-kadang mungkin tergantung pada link itu sendiri, misalnya, pada World Wide Web, hyperlink paling menyebabkan dokumen target untuk menggantikan dokumen yang ditampilkan, namun ada juga yang ditandai menyebabkan Target dokumen untuk membuka di jendela baru. Kemungkinan lain adalah transclusion, yang link target adalah fragmen dokumen yang menggantikan jangkar link di dalam dokumen sumber. Tidak hanya orang browsing dokumen mengikuti hyperlink, mereka juga dapat diikuti secara otomatis oleh program. Sebuah program yang melintasi hypertext, mengikuti setiap hyperlink dan mengumpulkan semua dokumen yang diambil dikenal sebagai laba-laba Web atau merangkak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar